5 Hal Ini Jadi Penyebab Wanita Tidak Subur

Salah satu hal terbesar yang diinginkan seluruh wanita didunia, adalah keturunan / anak. Namun sayangnya tidak semua wanita bisa memiliki anak, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor yang mendasarinya. Lalu, di kalangan masyarakat masalah tersebut biasa dikenal dengan masalah kesuburan. Dikatakan bahwa wanita yang ‘tidak subur’ memang akan sulit untuk mempunyai keturunan. Namun ternyata, dalam medis hal tersebut bisa dijelaskan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab wanita tidak subur, diantaranya :

5 Hal Ini Jadi Penyebab Wanita Tidak Subur

1. Mengalami masa menstruasi yang tidak normal.

Masa menstruasi atau siklus menstruasi yang tidak normal / tidak teratur menjadi salah satu faktor penyebab yang menunjukkan gejala reproduksi wanita yang tidak subur. Sebuah siklus menstruasi yang terlalu lama (35 hari atau lebih) atau terlalu pendek (21 hari atau kurang) adalah gejala yang menunjukkan ada yang tidak beres dengan ovulasi. Dalam beberapa kasus, pola makan sehat, olahraga, dan obat-obatan bisa membantu menormalkan periode menstruasi dan membantu kehamilan.

2. Penyakir radang panggul.

Merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyakit seksual menular. Penyakit ini mepengaruhi organ reproduksi wanita, juga dan mempengaruhi konsepsi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ovarium, rahim, saluran tuba dan organ reproduksi perempuan yang lain. Jika Anda atau siapapun mengalami gejala seperti nyeri saat buang air kecil, rasa sakit saat ‘berhubungan’, gatal atau sensasi terbakar pada area pribadi, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

3. Disfungsi tiroid.

Berdasarkan Indian Thyroid Society, sekitar 70% dari wanita yang mengidap penyakit menular seksual memiliki kelainan yang disebut dengan Disfungsi tiroid. Disfungsi tiroid tersebut cukup berbahaya karena beresiko menyebabkan kemandulan. Disfungsi tiroid akan mempengaruhi hormon tiroid yang bertugas mengatur fungsi sel, terganggunya fungsi tiroid dapat memengaruhi ovulasi dan kesuburan.

4. Kondisi medis.

Endometriosis, dan penyumbatan tuba ternyata dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengalami pembuahan. Wanita yang memiliki Endometriosis dapat mengalami dinding Endometrium yang tumbuh di luar rahim, dan dapat menyebabkan nyeri haid.

Sel-sel tumbuh yang kemudian menebal dan memecah selama siklus menstruasi. Karena jaringan ini tak punya tempat pembuangan, maka semakin lama akan menumpuk dan membentuk kista yang menghalangi fungsi normal ovarium serta mengarah pada jaringan parut dan pelengketan. Penyumbatan tuba tidak dapat meneruskan sperma dan ovum ke rahim untuk implantasi dan menyebabkan konsepsi menjadi sulit.

Baca juga : Mengobati Kista Ovarium Dengan Bahan Alami

5. Faktor usia.

Sejatinya, wanita dilahirkan dengan jumlah sel telur tertentu dan akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal tersebut juga lah yang menjadi salah satu alasan banyak ahli kesehatan menyarankan para kaum wanita untuk merencanakan kehamilan lebih awal. Sebab setelah mencapai usia tertentu, mereka akan mengalami sedikit kesulitan untuk dapat kesempatan hamil seperti pada usia muda. Bila hal ini yang terjadi, maka wanita akan membutuhkan bantuan dokter untuk meningkatkan kesuburan agar bisa kehamilan.

5 Hal Ini Jadi Penyebab Wanita Tidak Subur |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *