Apa Itu Kista Bartholin?

Satu lagi jenis kista yang harus Anda ketahui. Kista Bartholin, Apa Itu Kista Bartholin?. Kista Bartholini adalah tumor yang terjadi karena adanya oklusi saluran utama pada kelenjar vulvovaginalis bartholin. Kista Bartholin ini merupakan kista yang terbanyak ditemukan pada wanita usia reproduktif. Kista Batholin ini paling sering terjadi pada usia 20-30 tahun. Pada saat wanita berumur 30 tahun terjadi involusio kelenjar bartholin secara berlahan-lahan sehingga kejadian pada wanita berusia 40 tahun keatas jarang ditemukan, namun tidak menutup kemungkinan kista bartholin dapat terjadi pada wanita yang lebih tua atau lebih muda. Kurang dari 2% wanita dapat mengalami kista atau abses bartholin pada suatu periode kehidupannya.

Kista BartholiniSeperti kista-kista jenis lain, kista Bartholini pun merupakan tumor jinak yang paling sering ditemui. Berbentuk kistik, berisi cairan kental, serta ada pula yang berbentuk menyerupai anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, bahkan nanah, ataupun bahan-bahan lainnya yang terbentuk di bawah kulit ataupun tempat lainnya dalam tubuh. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan yang menyebabkan kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya sehingga tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Tanda-tanda atau gejala yang bisa dikenali dari Kista Bartholini adalah:

  • Merasakan nyeri saat berjalan, duduk, beraktifitas fisik atau berhubungan seksual.
  • Pada umumnya tidak disertai demam, kecuali jika terinfeksi dengan organisme yang ditularkan melalui hubungan seksual.
  • Pembengkakan pada vulva selama 2-4 hari.
  • Biasanya ada secret di vagina.
  • Dapat terjadi rupture spontan.

Penting untuk diketahui bahwasanya Kista jenis ini tidak selalu menimbulkan keluhan, namun terkadang dapat dirasakan sebagai benda berat dan menimbulkan kesulitan pada saat berhubungan seksual. Jika kistanya tidak besar dan tidak menimbulkan gangguan, tidak perlu dilakukan tindakan apa-apa hanya diberikan terapi obat- obatan saja, tetapi jika sudah bernanah harus dikeluarkan dengan sayatan atau melalui jalan operasi.

Nah demikianlah, sedikit informasi mengenai Kista Bartholin, semoga penjelasan singkat diatas dapat dimengerti dan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih dan salam!

Pantangan Penyakit Kista Ovarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *