Bahaya Tidaknya Kista Bartholin

Kista Bartholin termasuk dari beberapa jens kista yang terjadi pada wanita, terutama pada kelenjar Vulvovaginalis Bartholin dimana kelenjar ini termasuk organ yang berukuran sama dengan kacang polong dan terletak di area kewanitaan. Pada keadaan normal, kista ini tidak akan terlihat (tampak). Namun, Kista Bartholin adalah masalah umum yang lebih banyak dialami oleh wanita usia produktif. Ada sebanyak 2% wanita pada usia produktif (20-30 tahun) yang bisa mengalami pembengkakan yang terjadi di dua sisi pada kelenjar Bartholin. Kondisi ini jarang terjadi pada wanita berusia diatas 40 tahun.

Bahaya Tidaknya Kista BartholinAdapun beberapa penyebab kemunculan Kista Bartholin terjadi karena trauma / peradangan yang mengakibatkan adanya dilatasi kistik dukus. Kista Bartholin biasanya tidak berbahaya serta tidak memerlukan pengobatan khusus. Kecuali jika ternyata ukuran Kista ini semakin membesar pada akhirnya dapat menimbulkan dispareunia dan menyebabkan penderitanya mengeluhkan sakit. Munculnya abses kelenjar Bartholin yang disertai dengan dispareunia mengakibatkan rasa sakit pada vulva hingga menyebabkan kesulitan berjalan. Abses ini muncul karena adanya inflamasi / peradangan. Gejala yang umum muncul pada pasien dan dirasakan adalah rasa sakit, unilateral dan ditandai dengan adanya tanda-tanda kemunculan selulitas. Kemudian ukuran akan berubah membesar dan akan pecah dan bersifat nonpurulent.

Bahaya Tidaknya Kista Bartholin tergantung pada kondisi, namun biasanya tidak membahayakan hanya menganggu estetika. Jika sering sekali meradang, operasi pengangkatan kelenjar Bartolin bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, jika tidak menginginkan sebuah operasi Anda cukup melakukan beberapa hal seperti :

  • Menjaga kebersihan di sekitar kemaluan dengan rutin membersihkan terutama setelah BAK, BAB, maupun setelah melakukan hubungan seksual.
  • Rutin mengganti celana dalam minimal 2x sehari atau setiap kali mandi.

Posted by Pantangan Penyakit Kista Ovarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *