Benarkah Gigi Berlubang Juga Pemicu Kista?

Jika seseorang mengalami kerusakan pada giginya entah karena penyebab apa, kondisi tersebut tidak sampai ditangani dalam penanganan yang serius hingga menyebabkan pembengkakan, dan akan berlanjut hingga memicu kista. Benarkah demikian?

Hal tersebut kemudian dijelaskan secara rinci oleh Dokter gigi RR Ratri Dini Prasiwi. Beliau mengatakan jika gigi yang mengalami karies, infeksinya bisa saja menyebar hingga ke ujung akar, dan jika tidak cepat ditangani bisa jadi memicu tumbuhnya kista.

Benarkah Gigi Berlubang Juga Pemicu Kista?
Benarkah Gigi Berlubang Juga Pemicu Kista? Sebelum kista terjadi, biasanya muncul terlebih dahulu adalah abses atau sekumpulan pus (nanah) yang menumpuk di daerah yang tumbuh lalu menjadi Granuloma, sebuah kondisi yang muncul akibat respon terhadap infeksi.

Mengenai Granuloma lebih jauh, adalah sebuah pembengkakan sel yang terbentuk sebagai pertahanan terhadap infeksi pada jaringan di ujung akargigi. Jika Granuloma tadi terinfeksi, maka baru kemudian hal ini bisa memicu kista. Kistay ang telah terinfeksi selanjutnya kemudian bisa berubah menjadi tumor.

Namun tidak semua kasus Granuloma berubah menjadi kista, hal tersebut tergantung pada daya ketahanan tubuh serta virulensi bakteri. Dalam gejala awal gigi berlubang akan terasa sakit dan membengkak. Karena penderita terlalu takut untuk ke dokter dan memutuskan mengobatinya sendiri, jika kondisinya malah seperti sembuh-bengkak lagi-sembuh-bengkak lagi seperti itu dapat memicu munculnya Granuloma yang akan berakhir dengan kista. Namun terkadang gejala yang muncul hanya seperti sakit gigi biasa, bahkan tidak terjadi pembengkakan pada gusi, sebab terletak di bawah akar gigi.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai kondisi tersebut, ada baiknya jika penderita melakukan diagnosa secara benar ke dokter terkait. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa parah dan bahayanya kondisi yang terjadi.

Baca juga : Apakah Endometriosis Juga Terjadi Pada Wanita Menopause?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *