Benjolan Di Payudara Waspadai Gejala Kista Payudara

Kebanyakan orang awam hanya mengenal Kista adalah Kista yang terjadi di bagian rahim atau yang dikenal sebagai Kista Ovarium. Namun nyatanya, Kista juga bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya, termasuk Payudara wanita.

Benjolan yang muncul di Payudara wanita, akan membuat Anda panik. Namun, sebelum itu alangkah baiknya untuk tetap tenang dan cari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab munculnya benjolan tersebut. Faktanya, benjolan di Payudara bisa terjadi karena tumor jinak hingga kanker, benjolan lemak, hingga Kista Payudara. Untuk saat ini, saya akan lebih membahas tentang Kista Payudara yang mungkin belum Anda ketahui seluruhnya.

Benjolan Di Payudara Waspadai Gejala Kista Payudara

Pengertian Kista Payudara.

Kista Payudara, termasuk jenis penyakit yang terjadi di Payudara, dengan tanda kemunculan benjolan yang berupa kantung berisi cairan. Sama dengan Kista lainnya, bentuk dari benjolan Kista ini bulat atau oval, dan serupa dengan balon berisi air. Benjolan ini pun bisa berukuran kecil hingga besar, dengan ukuran 2,5 sampai 5 cm. Jika benjolan cukup besar, jaringan Payudara disekitarnya bisa tertekan dan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di Payudara.

Kista Payudara lebih banyak terjadi pada kaum wanita, namun yang paling umum terjadi pada wanita berusia 35-50 tahun yang belum masuk masa menopause. Kista bisa tumbuh satu atau lebih banyak. Hal ini juga bisa ditemukan pada salah satu atau bahkan dari kedua Payudara. Biasanya penyakit tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah menopause. Walaupun begitu, jika penyakit ini terjadi pada Anda, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter. Karena dengan begitu, Anda mungkin dapat mendeteksi benjolan baru pada Payudara Anda sekaligus mengetahui perubahan abnormal lain yang mungkin tidak Anda rasakan sebelumnya.

Penyebab Kista Payudara.

Diketahui bahwa kemunculan Kista Payudara ini diketahui akibat dari kelebihan hormon Estrogen di dalam tubuh. Akibat kelebihan hormon tersebut, menyebabkan jaringan Payudara terangsang secara terus menerus untuk mengembangkan Kista. Tidak hanya itu, pendapat lainnya yang diyakini para ahli tidak lain adalah saat kelenjar dan jaringan ikat di Payudara ini berkembang, maka akan menghambat saluran susu yang berdampak pada kelenjar dan jaringan ikat yang melebar dan terisi oleh cairan.

Jika kondisi benjolan Payudara Anda terasa mulai sakit, langkah yang tepat adalah segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui gejala pastinya.

Semoga bermanfaat.

Posted by Pantangan Penyakit Kista Ovarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *