Cara Menjaga Kesehatan Rahim

Cara Menjaga Kesehatan Rahim Yang Wajib Diketahui Wanita,- Setiap wanita wajib untuk menjaga kesehatan baik dari luar maupun dari dalam. Salah satu yang penting untuk tetap dijaga kesehatannya tidak lain adalah rahim. Rahim adalah organ reproduksi yang berperan penting dalam proses kehamilan. Untuk menjaga rahim agar tetap sehat dan tidak mengalami masalah.

Cara Menjaga Kesehatan Rahim

Cara Menjaga Kesehatan Rahim Yang Wajib Diketahui Wanita.

  • Minum Teh Hijau.

Teh hijau kaya akan antioksidan di mana mengonsumsinya tentu adalah salah satu cara yang baik dalam menjaga rahim tetap sehat dan tercegah dari berbagai masalah kesehatan, khususnya fibroid rahim. Para ahli menyebut jika meminum teh hijau selama 8 minggu secara rutin bagi penderita fibroid rahim sangat baik untuk pemulihan dan mempercepat kesembuhan.

  • Mengonsumsi Buah-buahan.

Buah yang mengandung Vitamin C tinggi bisa Anda konsumsi rutin karena pada umumnya buah bervitamin C tinggi kaya akan kandungan bioflavonoid yang siap menjadi penurun risiko terkena Kanker Ovarium. Buah-buahan dengan vitamin C juga terbukti efektif dalam menormalkan kadar hormon estrogen yang sebelumnya mungkin tak seimbang atau terganggu.

  • Makan Sayur-sayuran.

Sayur-sayuran adalah sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi seperti diantaranya magnesium, kalium dan kalsium. Mengonsumsi brokoli, bok choy, dan kubis termasuk cara ampuh untuk memperoleh fitoestrogen secara alami. Meski dapat melawan pertumbuhan kanker pada rahim, namun sebagai efeknya fitoestrogen mampu menurunkan kadar hormon estrogen Anda.

  • Makan Biji-bijian dan Kacang-kacangan.

Makanan berupa kacang-kacangan serta biji-bijian, (seperti biji rami dan almond) bukan hanya kaya akan serat, melainkan juga kaya akan kolesterol baik dan asam lemak omega-3 dimana kandungan tersebut baik dalam mencegah kanker rahim serta melawan pembentukan fibroid. Jadi mengonsumsinya sudah dapat dipastikan bagus dalam menjaga kesehatan rahim.

  • Menstabilkan Berat Badan.

Terlalu kurus atau terlalu gemuk menjadi hal yang bisa berdampak pada kesehatan rahim. Terutama jika sampai berat badan terlalu di bawah angka ideal. Ini membuat Anda memberikan risiko untuk kekurangan kadar hormon estrogen yang pada akhirnya memberi dampak buruk bagi tingkat kesuburan seorang wanita hingga masalah kestabilan emosional.

  • Tidak Mengkonsumsi Pil KB Terlalu Lama.

Mengonsumsi pil KB atau menggunakan alat kontrasepsi dalam jangka panjang dapat berbahaya bagi kesehatan rahim. Penggunaan di atas 8 tahun membuat wanita berisiko tinggi untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon alami pada tubuh bisa terganggu. Jika sampai terganggu, kondisi ini bisa menjadi penyebab penyakit fibroid terbentuk pada rahim.

  • Tidak Menahan Saat Ingin Buang Air Kecil.

Kebiasaan yang kelihatan sepele, namun ternyata cukup banyak wanita yang kerap melakukannya. Karena menahan buang air kecil sesungguhnya tidak sehat bagi rahim. Sebab kondisi ini adalah faktor yang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing yang juga akhirnya memicu infeksi panggul dan vagina.

  • Tidak Merokok.

Agar rahim tetap sehat, tentunya merokok merupakan aktivitas atau kebiasaan yang perlu dihindari. Beragam macam penyakit berbahaya akibat merokok dapat menyerang para perokok aktif dan dalam jangka panjang cukup mampu meningkatkan risiko kanker serviks.

  • Berolahraga rutin.

Berolahraga rutin terutama aktivitas fisik yang memperlancar peredaran darah di area panggul jauh lebih dianjurkan, seperti halnya menari, bersepeda, jogging, atau sekadar jalan kaki. Jika ingin olahraga yang lebih bermanfaat untuk kesehatan rahim, cobalah olahraga yang lebih nyaman dan tenang seperti Yoga dan berenang.

  • Tidak Bergonta-ganti Pasangan Berhubungan Seksual.

Infeksi vagina dan radang panggul berdampak pada kesehatan rahim sangat tinggi risikonya untuk dialami oleh para wanita yang sering bergonta-ganti pasangan saat melakukan hubungan seksual. Untuk itu, sebaiknya para wanita menghindari seks bebas adalah penting disertai dengan melakukan aktivitas seksual yang aman serta bertanggung jawab.

  • Rutin Melakukan Pemeriksaan Pap Smear.

Pemeriksaan dengan metode pap smear sebaiknya dilakukan secara rutin, khususnya jika Anda sudah menikah dan melakukan hubungan seksual secara aktif. Hal ini termasuk cara untuk bisa mengetahui perkembangan kesehatan rahim Anda dan mengetahui apakah ada yang tak beres pada sistem reproduksi.

Dengan menjaga kesehatan rahim, tentu akan bermanfaat di masa yang akan datang bagi wanita. Selain membuat Anda lebih subur, juga akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan keturunan.

Demikianlah Cara Menjaga Kesehatan Rahim untuk wanita, semoga dapat bermanfaat. Oh ya, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan rahim dan perlu suplemen khusus, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi produk herbal Walatra Bersih Wanita, produk sudah mendapatkan legalitas Halal, dan terdaftar di BPOM. Klik DISINI untuk informasi selengkapnya. Salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *