Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kista

Kista diketahui sebagai tumor jinak yang paling banyak diderita masyarakan dalam beragam jenisnya. Kista biasanya berisi cairan kental dengan bentuk menyerupai anggur. Namun, Kista tidak hanya berisi cairan, diantaranya bahkan ada yang berisi udara, cairan nanah dll.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kista

Kista juga dikategorikan sebagai tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah mengapa tumor jinak relatif mudah diangkat lewat jalan medis seperti pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya Kista pada seseorang, diantaranya :

  • Faktor keturunan dari ibu atau nenek.
  • Siklus haid yang tidak teratur.
  • Perut buncit.
  • Menstruasi di usia dini (sebelum usia 11 tahun).
  • Sulit hamil.
  • Penderita Hipotiroid.
  • Penderita kanker payudara yang pernah menjalani kemoterapi (tamoxifen).

Dalam beberapa kasus penyakit Kista juga bisa memotong pembuluh darah sehingga menyebabkan nyeri disekitar rahim. Namun, hingga saat ini penyebab penyakit Kista belum diketahui dengan pasti.

Ada cukup banyak faktor yang memicu kemunculan Kista. Misalnya, kebiasaan seorang Ibu yang memberi bedak pada selangkangan bayi perempuan. Ternyata menurut para peneliti membuktikan, bahwa bubuk bedak akan sampai ke indung telur dalam 15 menit. Perlahan bedak tersebut akan membuat dinding telur mengalami rangsangan dan menjadi Kista.

Selain itu, faktor lainnya yaitu adanya infeksi di daerah panggul yang tidak diobati dengan baik dan radang di selaput dinding rahim. Dicurigai adanya dugaan bahwa seringnya memakai obat kesuburan bisa memacu tumbuhnya kista. Jadi, berhati-hatilah mengonsumsi obat kesuburan.

Posted by Pantangan Penyakit Kista Ovarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *