Jenis Kista Yang Mempengaruhi Kehamilan

Jenis Kista Yang Mempengaruhi Kehamilan,- Kista, jika mendengar nama penyakit yang satu ini, orang awam akan langsung berpikir tentang operasi, tidak dapat mempunyai keturunan dan hal buruk lainnya. Namun, yang pelru Anda tau bahwa kista tidak selamanya menyebabkan kemandulan / kesulitan untuk hamil, diantara beberapa kista bahkan ditemukan akan menghilang dengan sendirinya, tanpa harus melakukan pengobatan.

Jenis Kista Yang Mempengaruhi Kehamilan

Kista juga merupakan penyakit yang bisa tumbuh dimana saja, seperti jenisnya, kista bisa tumbuh di kelenjar indung telur yang dinamakan kista ovarium. Selain itu ada kista yang timbul di vagina atau bibir kemaluan (misalnya kista kelenjar bartholine) dan sebagainya. Untuk kista ovarium sendiri, terbagi kedalam Kista Fungsional, yang diperlukan tubuh wanita hamil untuk mempertahankan kehamilannya, yang akan menghilang setelah ari-ari terbentuk lengkap (disebut juga kista lutein). Lalu ada Kista Dermoid, yang berasal dari sisa jaringan embrio (biasanya berisi lemak/tulang/rambut dan sebagainya). Kista Endometriosis, merupakan sebuah kelenjar yang berisi cairan kecokelatan (dikenal juga sebagai kista cokelat) yang dipengaruhi oleh hormon estrogen.

Jenis kista yang diperkirakan dapat berpengaruh pada kehamilan adalah Kista Fungsional. Kista ini juga memerlukan sebuah pengobatan atau tindakan operasi. Akan tetapi jika kista tersebut masih ada hingga ehamilan 4 bulan dan diameternya lebih dari 5 cm, mungkin dokter akan memeriksa lebih lanjut untuk tindakan yang diperlukan.

Kista Fungsional yang ukurannya membesar dapat menimbulkan kelainan pada letak janin dalam kandungan dan kemungkinan besar akan menghalangi saat turunnya kepala di jalan lahir pada saat persalinan. Oleh karenanya, jika ditemukan kista permanen yang besar, sangat perlu tindakan pembedahan pada kehamilan sekitar 18 minggu. Jika kista yang besar tersebut tidak menghalangi jalan lahir atau tidak menimbulkan gejala sakit, operasi dapat dilakukan 3 bulan setelah ibu melahirkan. Jadi, tindakan yang diambil dokter sangat ditentukan oleh jenis kista, ukuran dan letaknya di jalan lahir serta keluhan dari ibu hamil itu sendiri.

Baca juga : Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *