Kenali Lebih Dekat Tentang Kista Coklat

Sebagai wanita, sudah sepatutnya kita sedikit demi sedikit mendengar atau memahami kista. Kista termasuk jenis gangguan kesehatan yang lebih banyak menjangkit wanita ketimbang pria. Kista juga masuk kategori penyakit berbahaya dalam beberapa kasus karena dapat berkembang menjadi kanker.

Kista bisa muncul di mana saja, pada wanita kista sangat umum terjadi di Ovarium (indung telur). Dan kista di indung telur ini juga bervariasi, namun yang lebh sering terjadi adalah kista coklat.

Kenali Lebih Dekat Tentang Kista Coklat

Kista Coklat dalam istilah medis dikenal dengan Kista Endometriosis, adalah jaringan Endometrium atau lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim. Normalnya, Endometrium harus berada di dalam rahim. Jaringan tersebut terbentuk akibat proses penebalan dan luruh yang sama dengan siklus menstruasi. Akan tetapi, darah yang berada di luar rahim akhirnya menyebabkan pengendapan dan tidak dapat keluar. Endapan ini kemudian bergabung dengan jarngan di sekitarnya dan menyebabkan iritasi. Semakin lama, jaringan parut ini akan terbentuk dan munculah Kista Coklat. Disebut Kista Coklat karena di dalamnya berisi penumpukan darah yang merah kecoklatan, dan sewaktu-waktu bisa pecah.

Baca juga : 10 Tanda Kista Pecah!

Kista adalah tumor jinak.

Kista Coklat juga dikategorikan sebagai jenis tumor jinak. Disebut demikian karena jaringannya termasuk yang tidak cepat berkembang. Saat jaringannya mulai menyebar dan berkembang dengan cepat, barulah disebut tumor ganas (kanker).

Ukuran kista Coklat.

Ukuran kista juga dapat berkembang, untuk mengatasinya adalah dengan operasi pengangkatan kista. Baca : Ukuran Kista Yang Harus Segera Dioperasi

Mengenal penyebab munculnya gangguan Endometriosis.

Penyebab dari kista Endometriosis salah satu yang paling umum akibat darah menstruasi yang tidak keluar seluruhnya lewat vagina. Jika darah menstruasi menempel di dinding luar indung telur, lama kelamaan bisa menggumpal dan menjadi kista. Namun penyebab ini belum bisa dipastikan 100% hanya menjadi potensi.

Catatan : Saat Anda mengalami nyeri menstruasi yang berbeda dari sebelumnya, terkesan lebih menyakitkan dan parah segera lakukan pemeriksaan karena dikhawatirkan termasuk gejala dari Kista. Semakin cepat dilakukan pemeriksaan semakin baik.

Semoga bermanfaat, salam Pantangan Penyakit Kista Ovarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *