Khasiat Lamtoro (Petai Cina) / Petai Selong Untuk Kesehatan

Khasiat Lamtoro (Petai Cina) / Petai Selong Untuk Kesehatan,- Tanaman Lamtoro, atau lebih banyak dikenal sebagai tanaman petai cina, atau petai selong, ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaatnya lho untuk kesehatan. Petai cina ini memiliki beberapa kandungan kimia yang terdapat didalamnya, diantaranya seperti kalsium, lemak, fosfor, besi. protein, serta vitamin A, B1, dan C. Sementara dalam bijinya terkandung mimosin, leukanin, protein, dan leukanol.

petai cina
Biasanya orang-orang yang mengembangbiakkan tanaman lamtoro / petai cina ini dengan cara menyebarkan bijinya. Cara merawatnya pun relatif mudah. Tanaman lamtoro cukup disiram air secukupnya, dijaga kelembapan tanahnya dan dipupuk dengan pupuk organik agar pertumbuhannya berlangsung lebih baik. Dan berikut adalah kandungan yang lengkap dari daun lamtoro, diantaranya:

  • Banyaknya daun petai cina yang diteliti (Food Weight) = 100 gram
  • Bagian daun petai cina yang dapat dikonsumsi (Bdd/Food Edible) = 40%
  • Jumlah kandungan energi daun petai cina = 128 kkal
  • Protein = 12 gram
  • Lemak = 6,5 gr
  • Karbohidrat = 12,4 gr
  • Kalsium = 1500 mg
  • Fosfor = 100 mg
  • Zat besi = 3mg
  • Vitamin A = 17800 IU
  • Vitamin B1 = 0,04 mg
  • Vitamin C = 64 mg

Sedangkan kandyngan nutrisi dan zat gizi lainnya yang terdapat pada bijinya, diantaranya:

  • Banyaknya biji lamtoro yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Biji lamtoro muda yang dapat dikonsumsi (Bdd/ Food Edible) = 100 %
  • Jumlah kandungan energi biji lamtoro muda = 85 kkal
  • Protein = 5,7 gr
  • Lemak = 0,3 gr
  • Karbohidrat = 15,4 gr
  • Kalsium = 180 mg
  • Fosfor = 53 mg
  • Zat besi = 3 mg
  • Vitamin A = 423 IU
  • Vitamin B1 = 0,08 mg
  • Vitamin C = 15 mg

Dan beberapa Khasiat Lamtoro (Petai Cina) / Petai Selong Untuk Kesehatan, adalah:

1. Disentri
Mungkin tidak sedikit orang yang kurang menggemari buah petai cina ini, tapi siapa yang mengira ternyata petai cina ini sangat berkhasiat untuk kesehatan kita. Bukan hanya kulit manggis saja yang memiliki fungsi sebagai obat tradisional penyakit disentri, ternyata petai cina ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit disentri.
Caranya: Rebus 15 gram biji lamtoro, 30 gram krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya sehari dua gelas (pagi segelas dan sore hari segelas).

2. Cacingan, Bengkak (Oedem) dan Radang Ginjal
Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

3. Bisul, Abses Paru, Luka Terpukul, Insomnia
Sederet penyakit di atas dapat kita atasi dengan manfaat lamtoro atau petai cina yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar. Cara membuat ramuan herbal dari petai cina untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit di atas tidaklah sulit, kita hanya cukup merebus 10 gram seluruh bagian tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari saat hangat.

4. Meluruhkan Haid
Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin, hingga perubahan dan reaksi kesembuhan dapat anda raih.

5. Meningkatkan Gairah Seksual
Ini dia yang istimewa dari petai cina atau lamtoro. Bukan hanya mampu mengobati berbagai macam penyakit ringan, akan tetapi lamtoro juga dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksualitas seseorang.  Untuk mengingkatkan libido atau gairah seksual dengan menggunakan tanaman lamtoro, cukup kocok 1 sendok bubuk biji tanaman lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu hari.

6. Diabetes
Diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sulit dalam proses penyembuhannya. Untuk menurunkan kadar gula darah secara alami kita dapat menggunakan biji lamtoro untuk memulihkan kinerja pankreas untuk menghasilakan hormon insulin yang berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Gunakan 5 gram bubuk biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari.

7. Tertusuk
Bahkan bila anda tertusuk kayu, bambu, dan lain-lain gunakan daun lamtoro yang muda secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk mengobati luka baru dan bengkak, gunakan daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka.

8. Herpes
Untuk mengobati penyakit herpes dengan menggunakan 30 gram daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

9. Menghaluskan kulit
Petai cina ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Faktanya, lamtoro juga mampu memberikan manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk mendapatkan kulit yang halus dengan menggunakan petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Setelah itu gosokkan pada seluruh badan pada saat anda mandi. Diamkan 1 menit dan bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika badan anda terasa gatal, jangan teruskan, sebab mungkin tidak cocok dengan jenis kulit anda.

10. Sebagai ramuan sambung tulang
Siapkan bahan-bahan, selain petai cina, tambahkan daun katuk, jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih.

Cara mengolah:
Hancurkan/blender bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 sampai benar-benar hancur.
Tambahkan air secukupnya, rebus hingga airnya tinggal sedikit, jangan sampai kering.

Cara mengolahnya:
Digunakan sebagai param.
Ramuan (bahan-bahan & sedikit cairannya) dioleskan di tempat tulang yang patah lalu diikat dan diperban.
Ramuan diganti 3 hari sekali.

Bagaimana?? Ternyata khasiatnya juga banyak untuk kesehatan bukan? Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang Anda menyukai petai cina ini, tentunya sebagai pengobatan dan konsumsi juga tidak masalah. Demikianlah Khasiat Lamtoro (Petai Cina) / Petai Selong Untuk Kesehatan, semoga dapat bermanfaat ya untuk Anda yang telah berkunjung pada situs kami ini, terima kasih dan salam sehat selalu untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *