Dampak Kista Endometriosis Yang Berkembang Menjadi Ovarium Bilateral

Kista Endometriosis Ovarium termasuk jenis kista yang menyerang pada wanita. Penyakit kista sendiri dapat muncul di beragai tempat di bagian tubuh, termasuk pada ovarium, ginjal dan organ lainnya.

Namun dari semua jenis kista, kista yang paling banyak diderita adalah kista Ovarium. Kista Ovarium adalah kista yang tumuh di Ovarium, dimana Ovarium adalah organ tuuh yang terdapat rahim erentuk telur sebesar biji kenari, dan berada pada bagian kiri dan kanan dari sistem reproduksi wanita.

Dampak Kista Endometriosis Yang Berkembang Menjadi Ovarium Bilateral

Ovarium termasuk organ penting dari sistem reproduksi wanita karena berfungsi sebagai penghasil sel telur semenjak pubertas hingga masa menopause datang. Tidak hanya itu, ovarium juga memiliki fungsi sebagai penghasil hormon estrogen dan progesteron. Jika kemudian ovarium terganggu gungsinya, maka sudah dapat dipastikan jika kemudian hal tersebut menyebabkan fungsi kinerja tubuh terganggu.

Kista Ovarium adalah benjolan erisi cairan kadang bening, dan ada juga yang bernanah. Ada sebagian dari kista yang menghilang dengan sendirinya tanpa harus pengobatan. Namun, ada sebagian lagi yang justru ukurannya membesar dan akhirnya harus dilakukan operasi untuk mengangkat kista tersebut.

Penting untuk Anda perhatikan adalah kista endometriosis bilateral. Kondisi ini memandakan jika kedua indung telur memiliki kista dan mengandung endometriosis.

Jika kista tersebut tidak mengganggu dan tidak mengakibatkan perlekatan maka wanita masih dapat hamil. Akan tetapi, jika kista sangat mengganggu dan ada perlekatan, segera dapat diterapi dahulu dengan obat-obatan lalu dilakukan tindakan seperti kistektomi. Hanya perlu diingat bahwa jika dioperasi maka akan dapat menimbulkan perlekatan baru nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *