Kista Ukuran 5 cm Perlukah Dioperasi?

Saat seseorang dinyatakan menderita Kista Ovarium dimana dalam hasil pemeriksaan yang dilakukan melalui USG menyatakan adanya kista tumbuh sebesar 5cm. Dalam tahap ukuran Kista Ovarium sebesar 5cm, jenis penanganan apakah yang tepat? Apakah harus operasi atau cukup dengan mengkonsumsi obat saja? Hal inilah yang membuat pasien penderita Kista Ovarium khawatir.

Kista Ukuran 5 cm Perlukah Dioperasi?

Kista ini adalah sebuah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di Ovarium. Dalam fase menstruasi, Ovarium biasanya akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak membahayakan atau disebut juga sebagai kista fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan Kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Kista fungsional bisa tumbuh hingga berukuran sebesar 6 cm. Namun umumnya tidak memerlukan terapi karena jenis Kista ini menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini juga hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi apakah Kista terus tumbuh atau tidak. Jika ukuran Kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan penanganan apapun.

Kista Ukuran 5 cm Perlukah Dioperasi?

Akan tetapi, pembedahan Kista harus dilakukan jika Kista semakin membesar ukurannya, hingga lebih dari 6 cm setelah 2 sampai 3 kali siklus menstruasi. Tindakan operasi ini dilakukan selain menghilangkan Kista, juga untuk mencegah keluhan nyeri semakin menjadi. Biasanya, cara lain dilakukan dengan pemberian pil kontrasepsi untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan Kista baru yang bisa muncul kapan saja.

Umumnya Kista sederhana berukuran kurang dari 5 cm dapat mengecil dengan sendirinya jika terjadi selama kehamilan. Namun pada kista yang berukuran lebih dari 7 cm dan Kista campuran memerlukan penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi untuk dibaca :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *