Makanan-makanan Sehat Untuk Mencegah Kista Ovarium

Mungkin Anda sudah mengetahui tentang penyakit yang satu ini. Kista ovarium, merupakan penyakit dengan sindroma ovarium polikistik (Polycystic Ovari Syndrome PCOS) yang belakangan banyak terjadi di kalangan wanita. Sejatinya, penyakit kista ovarium ini tidak hanya menyerang pada wanita yang berusia lebih dari 25 tahun saja, tetapi mereka yang baru berusia 20 tahun pun dapat menderita penyakit ini.

Penyebab dari kista ovarium pun sangat beragam, mulai dari pola hidup tidak sehat, aktifitas diet yang tidak sehat, kurangnya melakukan aktifitas fisik, kekurangan asupan gizi dan nutrisi juga kebiasaan buruk lainnya yang dapat berpengaruh pada sistem reproduksi.

Selain faktor-faktor tadi, Kista ovarium juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seks yang dimiliki. Hal tersebut secara alami dapat mempengaruhi siklus menstruasi normal, juga mengarah pada pembentukan kista kecil di ovarium sehingga dapat berpengaruh pada fungsi normal sistem reproduksi yang terkadang menjadi penyebab beberapa wanita kesulitan untuk hamil.

Akan tetapi jangan khawatir, karena setiap kondisi penyakit pasti dapat dicegah. Salah satunya dengan pencegahan melalui pola makan dan jenis makanan itu sendiri. Termasuk kista ovarium, berikut ini merupakan Makanan-makanan Sehat Untuk Mencegah Kista Ovarium, diantaranya :

Makanan-makanan Sehat Untuk Mencegah Kista Ovarium

1. Ikan salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan sehat yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 dan rendah indeks glikemik. Ikan salmon tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon androgen pada wanita dengan PCOS.

2. Kayu manis.

Salah satu jenis rempah yang satu ini mempunya ciri khas dengan aromatik yang ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seperti mencegah Kista ovarium, juga dapat menurunkan tingkat insulin dalam tubuh dan mengobati Diabetes.

3. Selada.

Karena salah satu penyebab umum dari kista ovarium adalah resistensi insulin, maka untuk mengobatinya, Anda bisa mengkonsumsi selada. Sayuran hijau yang satu ini sangat sehat, bergizi dan sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan wanita terutama bagi mereka yang menderita Kista ovarium.

4. Brokoli hijau.

Brokoli hijau kaya kandungan Vitamin dan rendah kalori serta indeks glikemik. Selain memiliki sifat anti-kanker, Brokoli juga sehat untuk dikonsumsi selama diet.

5. Tomat.

Tomat diketahui dapat menangkal kista tumor yang diderita banyak wanita. Tomat mengandung indeks glikemik yang rendah dan kaya akan likopen. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C yang bisa menurunkan berat badan dan sebagai makanan anti penuaan.

6. Susu.

Kalsium yang terdapat di dalam susu dibutukan oleh wanita yang menderita Kista ovarium. Susu bisa membantu pembangunan folikel di ovarium, pematangan sel telur, dan memperkuat tulang. Dengan rutin minum susu setiap hari, akan mambuat badan sehat setiap hari.

7. Telur.

Telur bisa menjadi makanan super bagi wanita, terutama wanita dengan keluhan Kista ovarium. Telur juga diketahui sebagai makanan yang bisa menangkal PCOS

8. Bayam.

Wanita dengan PCOS sebaiknya mengkonsumsi makanan berkalori rendah untuk menginduksi ovulasi dan menghindari infertilitas karena obesitas. Salah satu makanan tersebut seperti Bayam yang sangat bergizi dan rendah kalori.

Itu dia Makanan-makanan Sehat Untuk Mencegah Kista Ovarium, semoga dapat bermnafaat untuk Anda. Ingat, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, yuk lakukan pencegahan sekarang juga sebelum semuanya terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *