Mengenali Lebih Jauh Tentang Kista Ovarium Dari Fakta Berikut

Kista, merupakan jenis penyakit berupa tumbuhnya benjolan di indung telur yang dianggap sebagai tumor jinak. Tapi, apakah Anda tahu, jika sebenarnya tumbuhnya kista itu masih dianggap normal. Sebab, menurut seorang dokter ahli pada situs 100womenproject.ning.com menyatakan jika kista termasuk kedalam siklus normal wanita dalam menghasilkan sel telur.

Mengenali Lebih Jauh Tentang Kista Ovarium Dari Fakta Berikut

Untuk lebih jelasnya, mari simak tentang fakta kista ovarium dibawah ini.

1. Pertama, dinyatakan jika setiap wanita setidaknya memproduksi kista setiap bulan. Kista ini muncul dalam bentuk benjolan kecil yang berisi cairan bening dengan ukuran 2-3 cm.

2. Sebelum sel telur melepaskan diri, ternyata sel telur berada di dalam kista yang berbentuk kantung dengan aman. Saat sel telur kemudian terlepas dan dibuahi, kista selanjutnya akan berisi progesteron untuk kebutuhan janin. Jika tidak dibuahi, kista tersebut akan pecah dan beregenerasi bulan berikutnya.

3. Jika Anda menggunakan KB atau pil kontrasepsi lainnya, Anda tidak akan memproduksi kista. Hal ini dikarenakan pil tersebut mencegah pelepasan sel telur. Sedangkan kista akan muncul untuk menjadi tempat singgah bagi sel telur tersebut sebelum dilepas.

4. Kadang-kadang kista yang berukuran kecil dapat berubah menjadi besar dan berisi darah. Kista jenis inilah yang cukup berbahaya dan membutuhkan penanganan dari dokter.

5. Saat Anda memeriksakan diri dengan USG, dokter akan menemukan bahwa Anda memiliki kista. Hal tersebut normal saja, kista tersebut bisa jadi untuk mempersiapkan pelepasan sel telur.

6. Letak indung telur berada di atas vagina, bukan di bagian pinggul. Maka dari itu, jika sakit yang Anda rasakan adalah di sekitar pinggul, berarti itu bukan tanda-tanda kista.

Itu dia beberapa fakta dari kista, cukup mengejutkan, bukan? Ternyata kista merupakan suatu hal yang normal, hanya saja jika kista kemudian berkembang akan menjadi sesuatu yang berbahaya.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *