Pantangan Makanan Pasca Operasi Kista Ovarium

Jika Anda baru-baru ini telah menyelesaikan operasi kista, untuk mencegah kista kembali tumbuh sebaiknya ganti pola hidup yang Anda jalani dengan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat dianjurkan untuk dijalankan pasca operasi kista, mulai dari mengatur kembali asupan makanan yang akan dikonsumsi, berolahraga lebih rutin (minimal 3 kali dalam seminggu), menjaga lingkungan tetap sehat dan menjaga kebersihan diri.

Contoh dalam makanan, beberapa makanan yang harus dihindari sementara waktu untuk mengkonsumsinya bagi mereka yang baru menjalani operasi kista ovarium, antara lain :

Pantangan Makanan Pasca Operasi Kista Ovarium

— Tidak dulu untuk mengkonsumsi makanan yang bertekstur lengket.

Pasca operasi kista ovarium, Anda sebaiknya tidak dulu mengkonsumsi makanan yang bertekstur lengket. Misalnya adalah beras ketan dan makanan olahan beras ketan.

— Makanan yang berbau amis.

Jenis makanan yang berbau amis juga menjadi pantangan yang harus dijalani oleh mereka yang baru menjalani operasi kista ovarium. Mengapa begitu? Alasannya adalah karena makanan-makanan yang berbau amis, lebih mudah untuk merangsang daerah yang rusak, menyebabkan timbulnya pembengkakan, gatal pada sayatan bekas operasi sehingga pasien merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus menghindari makanan ini sampai luka telah sembuh total. Contoh makanan amis adalah ayam, ikan, udang, cumi, dll.

— Acar pedas.

Pantangan makanan yang ketiga untuk mereka yang baru selesai melakukan operasi pengangkatan kista adalah acar pedas. Acar pedas merupakan makanan yang dapat membuat rangsangan terhadap penyembuhan luka dan inilah yang menyebabkan rasa menyakitkan bagi pasien. Selain itu, acar pedas juga menyebabkan daerah yang rusak untuk infeksi, bengkak. Makanan ini seperti cabai, merica, dll.

—Menghindari dulu makanan fermentasi dan alkohol.

Jenis makanan fermentasi seperti acar, kopi, anggur, apel, dll. Sedangkan makanan stimulasi seperti alkohol, bir, rokok. Orang pasca kista ovarium harus tidak mengkonsumsi makanan tersebut karena makanan itu dapat merangsang luka lebih menyakitkan, mudah untuk menciptakan kondisi untuk perkembangan bakteri berbahaya.

Itu dia selengkapnya tentang Pantangan Makanan Pasca Operasi Kista Ovarium. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *