Pengaruh Kista Pada Kesuburan

Di era sekarang ini, penyakit tumor dan kista bisa terjadi pada siapapun dan dalam kondisi apapun. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita melakukan pemeriksaan sebelum melakukan hubungan seks, dan sebelum menikah. Dengan begitu, kita tidak akan khawatir jika tidak juga hamil setelah menikah.

Ketakutan para kaum wanita terhadap kista cukup banyak terjadi. Bahkan, sebagian besar dari mereka merasa ketakutan yang sangat jika menderita kista berkepanjangan. Oleh karena itu, perlunya dalam mengenali kista jinak atau kista yang berisiko menyebabkan terhambatnya kehamilan perlu diketahui lebih lanjut. Maka dari itu, kami disini akan membantu Anda mengenali bagaimana ciri kista yang bisa menghambat kehamilan.

Pengaruh Kista Pada Kesuburan

Kista Endometriosis.

Kista Endometriosis kadang tidak berbentuk seperti kista dan lebih berbentuk menyerupai kelenjar di dinding rahim, namun tumbuh di area luar rahim. Bisa dikatakan jika kista inilah yang membuat wanita kurang subur karena bisa melepas sel telur yang matang dan menyulitkan penangkapan oleh tuba falopi.

Jika kondisi ini terus berkembang, biasanya membuat wanita kesulitan untuk hamil. Penderita kista jenis ini yang masih dalam stadium 1-2 pada umumnya masih bisa memiliki anak secara normal setelah perawatan. Namun untuk stadium yang lebih lanjut, cenderung lebih sulit untuk memiliki anak.

Apakah penanganan operasi harus dilakukan?

Operasi atau tidak biasanya disesuaikan dengan bagaimana jenis kista, bagaimana ukurannya, serta memperhatikan faktor usia. Ada jenis kista yang bisa berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Namun jika kista sudah mencapai ukuran tertentu atau menimbulkan nyeri, biasanya sudah waktunya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, hingga operasi.

Maka dari itu ladies, jika Anda tahu lebih banyak mengenai kista yang Anda miliki, jangan keburu takut dan pesimis dulu. Tetap tenang dan optimis. Jangan lupa untuk tanyakan pada dokter mengenai alternatif apa yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah gejalanya makin parah. Kelola stres dan pikiran negatif sebaik mungkin, akan membuat kesembuhan lebih pesat. Semoga bermanfaat, salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *