Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga Selain Kista

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga,- Pernahkan Anda disuatu waktu meraba telinga dan dibelakang telinga terdapat benjolan yang tumbuh? Kondisi ini tentu membuat kita terkejut dan bertanya-tanya tentang apa penyebab benjolan di belakang telinga? Apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga Selain Kista

Dilansir dari situs curejoy, ada sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan benjolan di telinga muncul. Diantaranya :

  • Abses.

Jika benjolan di belakang telinga menyebabkan rasa sakit, bisa jadi karena abses. Munculnya Abses ini terbentuk saat jaringan terinfeksi oleh bakteri dan sistem kekebalan tubuh mencoba melawannya. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, benjolan Abses ini juga terasa hangat saat disentuh.

  • Jerawat.

Benjolan yang tumbuh di belakang telinga juga bisa jadi hanya jerawat saja. Terkadang jerawat muncul di balik cuping telinga.

  • Kista

Benjolan yang tumbuh di belakang telinga adalah benjolan kista. Tepatnya adalag Kista Epidermoid ataupun kista Sebaceous.

  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Jika benjolan di telinga semakin hari kian membesar, bisa jadi kondisi tersebut dipengaruhi oleh kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan seperti flu yang menyebabkan benjolan lunak dibelakang telinga yang terasa sakit.

  • Infeksi di telinga.

Infeksi telinga kadang-kadang menyebabkan pembengkakan di belakang telinga dan leher. Infeksi telinga pada umumnya terjadi karena Mastoiditis, yaitu infeksi pada tulang mastoid.

  • Tumor jinak.

Benjolan lembut dan tidak terasa sakit yang muncul di belakang telinga bisa jadi karena tumor jinak. Sebagian besar kondisinya memang tidak berbahaya, kecuali Cholesteatoma yang dapat menghancurkan jaringan di sekitarnya. Kondisi tersebut biasanya disertai dengan gejala pusing, drainase di telinga, hingga gangguan pendengaran.

  • Kanker ganas.

Hampir mirip dengan kanker kulit, benjolan tanpa rasa sakit ini tumbuh berkembang di belakang telinga dan sangat memerlukan penanganan medis jika ukurannya terus membesar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Pantangan Penyakti Kista Ovarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *