Tanda Kista Ovarium Bisa Terlihat Melalui Vagina

Penyakit Kista Ovarium termasuk salah satu jenis dari kelainan yang cukup umum terjadi di organ kewanitaan (reproduksi). Dikarenakan letaknya yang berada dekat dengan organ-organ penting reproduksi, sebagian dari wanita akhirnya merasa cemas.

Tanda Kista Ovarium Bisa Terlihat Melalui Vagina

Namun, perlu Anda jika tidak semua jenis kista Ovarium berbahaya, kadang-kadang ada jenis Kista yang akan menghilang dengan sendirinya bahkan sebelum sempat diketahui keberadaannya. Fakta lainnya yang mengatakan jika Kista Ovarium dapat berkembang menjadi Kanker, memang ada potensi. Perkembangan Kista menjadi Kanker ini terjadi sebab Kista tidak ditangani dengan cepat.

Ada beberapa gejala Kista Ovarium yang dapat diketahui dengan gejala sedari dini, dari gejala tersebut ternyata berkaitan dengan kondisi vagina. Dan, berikut merupakan gejala di vagina jika terkena kista Ovarium.

  • Nyeri saat berhubungan intim. Jika Anda mengalami keluhan tersebut, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Perdarahan abnormal melalui vagina. Biasanya perdarahan muncul di antara dua menstruasi.
  • Nyeri hebat saat menstruasi. Nyeri hebat yang dirasakan biasanya berlanjut sampai haid selesai, karena nyeri haid yang normal terjadi paling lama 72 jam.
  • Gangguan menstruasi. Menstruasi yang terjadi tidak rutin setiap bulan.
  • Jika Anda sering memiliki salah satu dari gejala di atas, segera konsultasikan masalah
  • Anda dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. Pada saat pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa daerah genital, vagina, rongga perut bawah, serta menggunakan alat yang dinamakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi. (Sumber : klikdokter).

Jika ukuran dari Kista cukup besar, Kista akan terasa saat pemeriksaan medis dilakukan. Namun jika tidak terlihat, dokter akan menambah pemeriksaan dengan pemeriksaan penunjang. Tes ini dilakukan untuk menentukan seberapakah ukuran dan lokasi yang tepat dimana Kista berada.

Semoga bermanfaat, salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *