Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

Pengobatan Kista Ovarium,- Seorang ibu pasti berbahagia ketika sudah memasuki masa persalinan untuk menyambut sang buah hati lahir kedunia. Dengan cara melahirkan tersebut, bayi baru bisa keluar dari perut ibu. Namun, kesakitan yang ibu alami dalam melahirkan normal, terkadang karena beberapa kondisi harus menyebabkan ibu mengambil keputusan untuk melahirkan secara caesar / operasi bedah perut untuk mengangkat bayi dari dalam perut. Memang, selain lebih cepat dengan operasi caesar ini, namun untuk proses penyembuhan luka setelahnya bahkan lebih lama dari melahirkan secara normal.

Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

Untuk itu, sesuai tema diatas mengenai Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah, patut Anda coba. Berikut ini diantaranya :

1. Jagalah kebersihan pada luka bekas operasi.

Luka bekas operasi caesar ini pada umumnya memang tidak berbeda dengan luka bekas operasi yang lainnya. Yang paling penting pada proses penyembukan luka bekas operasi yang cepat adalah kewajiban untuk tetap menjaga luka tersebut dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Menjaga kebersihan pada luka bekas operasi ini merupakan cara yang sangat penting. Seperti ketika selesai mandi Anda dapat membersihkan luka bekas operasi tersebut menggunakan cairan antiseptik serta antibiotik yang telah dianjurkan oleh dokter.

Ketika Anda membersihkan luka bekas operasi tersebut, sebaiknya Anda menggunakan cotton bud atau kapas. Sebelumnya pastikan juga kedua tangan Anda tetap bersih. Perhatikan juga untuk tidak membungkus luka bekas operasi dengan terlalu ketat, sebab hal ini dapat menyebabkan iritasi.

2. Gunakan pakaian yang longgar dan membuat Anda nyaman.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda diharuskan menggunakan perban yang tidak terlalu ketat supaya luka bekas operasi tersebut tidak terkena iritasi. Hal ini juga sangat berlaku ketika Anda memilih pakaian.

Jika Anda telah terbiasa menggunakan pakaian yang ketat, sebaiknya Anda mulai menggantinya dengan pakaian yang sedikit longgar untuk beberapa waktu. Jenis pakaian yang sedikit longgar yang harus Anda gunakan diantaranya ialah pakaian dalam, kaos, piyama, celana ataupun rok. Baby doll dan juga daster merupakan pakaian yang cukup longgar yang paling di sarankan.

3. Lakukan kegiatan olahraga yang ringan.

Olahraga yang ringan seperti halnya jalan santai dapat membantu dalam proses penyembuhan. Olahraga yang ringan juga dapat mencegah konstipasi serta penggumpalan darah. Selain dari itu, hal ini juga dapat membuat sirkulasi darah pada tubuh meningkat.

Olahraga juga bisa membuat sistem imun menjadi meningkat dan membantu untuk mencegah terjadinya pneumonia atau terjadinya gangguan pada kesehatan umun yang di akibatkan operasi caesar. Biasakan untuk berjalan santai mengelilingi kompleks pada pagi hari selama kurang lebih 15 menit.

4. Perawatan rutin dari dalam menggunakan makanan.

Selain melakukan perawatan luka dari luar sebaiknya Anda juga memperhatikan perawatan luka bekas operasi langsung dari dalam. Seringlah mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak gizi serta nutrisi yang seimbang.

Baca juga : Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C serta gandum utuh yang ada pada sereal maupun roti gandum bagi sarapan pagi. Untuk menu makan siang Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein serta beta karoten. Selain itu makanan wajib untuk di konsumsi oleh wanita yang menjalani penyembuhan ialah protein, mineral, zinc, dan juga vitamin.

Semoga bermanfaat, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *